Bantalan Curhat

Sering jadi tempat curhatan teman? teman main? teman kerja? bahkan mungkin orang yang baru kita kenal?

Jadi tempat curhatan sudah sejak SMP, dari topik yang ringan-ringan di jamannya, makin kesini, curhatannya makin berat ya, mostly ya tentang Cinta, Kerjaan, Uang, Bisnis.

Karena sering Jadi Bantalan Curhat, sempat kepikiran sekolah lagi untuk jadi Psikiater (biar jadi profesi sekalian gitu).

Dulu sempat bingung, kenapa ya kok gw lebih sering jadi bantalan curhat. Kata beberapa teman, orang curhat ke kita itu karena orang percaya ama kita, karena orang nyaman ama kita, karena kita tulus, karena kita ceplas ceplos. Ya mungkin saja semua alasan-alasan itu benar adanya.

Trus kalo orang curhat, kamunya ngapain Don?

Ya ‘Mendengar’, mendengarkan dengan Sabar. Kebanyakan orang yang curhat itu, butuh tempat dan waktu bagi dirinya untuk mengeluarkan semua uneg-unegnya, semua yang dirasakan. Bisa kebayang jika seseorang ada kegelisahan dihatinya, dipemikirannya, namun cuman disimpan sendiri, lama lama memuncak dan meledak.

Kasus Bunuh Diri, bisa jadi merupakan bagian klimaks ketika seseorang mengalami depresi akut atas permasalahan yang dipandang tidak ada jalan keluarnya. Di jaman yang serba egosentris, di jaman dimana Sosmed begitu mendominasi, seringkali orang lebih memikirkan isi konten sosmednya, ya demi yang namanya pencitraan, terlepas di sadari atau tidaknya.

Ingin nampak kehidupan yang sempurna, ambil contoh di Instagram, postingan harus sempurna, ntah postingan foto tentang apa yang dimakan, foto perjalanan traveling kemana, dugem dimana, yang intinya disosmed pengen memunculkan kehidupan yang indah dan indah. Namun apakah apa yang ada disosmed sesuai dengan kehidupan nyata yang sebenarnya? (bisa saja jauh dari kenyataan kehidupan sehari-harinya). Biasa makan di warung pinggir jalan, biasa makan indomie, kagak diupload di Instagram, tapi sekalinya makan di Restoran mahal, buru buru di upload. Itu contoh simple. Ya seperti yang tadi gw bilang, itu juga berlaku dengan aspek kehidupan cinta, karir, bisnis, pertemanan, keluarga dll.

-CINTA-

Curhatan tentang CINTA, selalu ada. Kebayang kalo orang lagi jatuh cinta, kebayang kalo orang lagi galau, galau karena Terlalu mencinta, galau karena tidak percaya terhadap kekasihnya, galau gak berani menyatakan cinta, galau karena kekasih mau pindah ke luar kota, galau karena pacar sudah tidak perhatian lagi, galau karena suami atau istri tidak seperti dulu lagi, galau karena punya selingkuhan, galau karena mau lamaran, galau karena mau nikah, galau karena mau cerai, galau karena long distance relationship, dll, dan satu lagi mendadak galau gara gara mendengar lagu tertentu (ingat mantan hehehe).

Ada teman yang sukanya curhat di telfon, whatsapps, ngajak ketemuan, yang ada gak curhat tapi sibuk selfie (ADA).

Ada teman yang tiba tiba bilang kangen trus pengen ketemuan, pas ketemuan cuman diam dan dianya Nangis (ADA).

Ada teman yang pas lagi galau, bisa 24 jam ngikuti hidup gw (ADA).

Ada teman yang kalo lagi ketemuan di tempat umum, selalu tersenyum, ceria, tapi pas masuk kamar curhat melulu dan nangis (ADA).

Ada teman yang kalo lagi sama suaminya begitu harmonis, ketika suaminya dah pergi, langsung Mewek (ADA).

Ada teman yang kalo lagi galau gak mau pisah ama diriku, maunya curhat melulu, begitu dah dapat pacar, lupa deh ama Gw (ADA).

dan masih ada banyak lagi…

-KARIR-

Ada lowongan kerja gak Don?

Sebel ama Bos gw, cerewetnya minta ampun.

Stress punya staff bodohnya minta ampun.

Gw mau di promote, tapi kudu pindah kota, gmana donk?

Gw mau resign, gak betah.

Gw mau donk gaji gede, gaji gw disini gitu gitu saja.

Ada gak kerjaan yang santai tapi gajinya gede?

Karyawan baru saja cepet di promotenya, sedangkan gw kagak di promote-promote?

Gw bosan kerja disini, gini gini saja.

Gw di pecat.

Gw pengen punya bisnis sendiri, gw dah bosan kerja ikut orang, diperintah perintah, tapi gak tau mau bisnis apa?

Gw gak suka kerja ama orang.

-UANG-

Bisa pinjam duit gak?

Bisa pinjam duit gak?

Bisa pinjam duit gak?

Bisa pinjam duit gak?

Bisa pinjam duit gak? dst… ntah itu pinjam duit buat bayar DP Mobil, Buat Bayar DP Rumah, Buat bayar cicilan kartu Kredit, Buat Bayar Cicilan Motor, Buat uang Sekolah, Buat Kuliah, Buat Bayar Kos, Buat Travelling dan masih banyak yang lainnya. Kalo uang memang cuman itu muter muternya, susahnya giliran gw pinjamin dan pas gw mau nagih, adeh ini susahnya minta ampun. Jadi kalo curhatan tentang uang, ini bisa transfer Stress artinya yang awalnya gw kagak stress malah jadi ikutan stress hehehe.

-BISNIS-

Enaknya bisnis apa?

Gw pengennya bisnis ini. Tapi butuh modal gede. Gmana ya?

Loe mau gak bantuin gw, gw mau buat bisnis kayak gini, pokoknya bisnis ini harus perfect. Kita buat konsep dan matengin ya.

Kebanyakan sih kagak ada wujudnya, karena kebanyakan maunya, pengen ini, pengen itu, harus begini, harus begitu, tapi kagak ada eksekusinya.

so enak gak Don jadi Bantalan Curhat. Ya kadang enak, kadang gak. Enaknya ya bisa care ama teman, bisa melatih kemampuan kita dalam mendengar, sabar, dan syukur-syukur kita bisa menenangkan teman kita, dan kali-kali advice yang kita berikan, bisa berhasil. Gak enaknya ya teman kita gak bisa nerima saran kita, malah ribut ama kita (ADA). Ya itulah hidup, gw sih dengan senang hati menjadi bantalan curhat karena gw gak pengen teman gw ampe bunuh diri hanya karena tidak ada seorangpun yang peduli.

So love is caring, sharing is love.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *