Kebaikan di jaman NOW

Semalam ketika hendak menuju ke rumah Ungasan, motor tiba-tiba mogok. Kebayang bakalan ngedorong neh motor, secara saat itu tengah malam, mana ada bengkel Buka. Ya mau gak mau harus dorong neh motor, beberapa saat ada satu cowok yang tampangnya nyentrik, agak sangar, tapi modis sih, nanyain Motornya kenapa Pak? ya diriku jawab tidak bisa di gas, sepertinya tali gas-nya putus.

Ya udah saya bantu dorong. Alhasil dibantu dorong pake motornya cowok itu ampe ketemu bengkel tambal ban yang masih buka jam 01 pagi dini hari. Ya sempat say thanks to mas yang rock n roll itu. Dalam hati, baik banget ya ini mas. Tampang Rock n roll tapi hatinya baik.

Saat itu nyangkanya bengkelnya bisa perbaiki motornya, ternyata bengkelnya cuman bisa untuk nembel dan ganti ban. So terpaksa lanjut ngedorong motor.

Setelah beberapa saat ngedorong motor, dan sempat berhenti istirahat bentar dipinggir jalan, ada cowok yang masih muda banget, dia tanya motornya kenapa Pak? boleh saya bantu. Yang gw salut ini cowok sopan banget dari cara dia bertanya dan bertutur kata. Dan akhirnya neh cowok ngebantu ngedorong pake motornya hingga sampai di depan kos. Dan say thanks ke Mas itu.

Dalam hati cuman bisa berharap Semoga Tuhan YME membalas kebaikan dan pertolongan dari dua mas-mas tadi. Dijaman yang boleh dibilang edan. Masih ada orang-orang baik yang memberikan pertolongan. Masih ada orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap sesama.

Kata teman gw sih, loe kan Baik Don, suka bantuin orang, jadi ya ketika loe ditimpa musibah/kesusahan pasti ada aja yang ngebantuin loe. Loe masih ingat, dah beberapa kali kejadian masalah ama motor loe, dan selalu banyak banget orang yang ngebantuin loe.

So you do Good things to others then Good Karma follow you.

Gw pikir-pikir mungkin ada benarnya kata teman gw, dan yah gw sih gak sadar kalo gw suka nolongin orang, karena ketika gw ngebantu orang lain, gw nggak pernah mengharapkan timbal balik. Ya gw lebih ke konsep Ikhlas. Berbuat baik bukan karena gw pengen masuk Surga, bukan karena gw pengen dapat pahala.

Dan hingga saat ini gw masih ngebayangin wajah dua cowok semalam yang secara terpisah, dalam waktu yang berdekatan, membantu gw ditengah malam, terlepas dari penampilan korak, terlepas dari usia muda, yang gw lihat cuman satu mereka punya kesadaran yang tinggi untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan.

Mungkin menurut orang lain ini kisah simple, tapi buat gw ini bukan cuman kisah nyata simple yang gak ada moral storynya, tapi buat gw kejadian semalam lebih menyadarkan gw di tengah hidup yang penuh dengan kompetisi, lebih individualistik, masih ada orang-orang yang memiliki empati untuk membantu sesama, tidak sekedar keinginan membantu namun benar benar nyata memberikan bantuan.

So Do Good to others

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *