Songkran, Bangkok

13-17 April 2017

Trigger kenapa tiba tiba mau menikmati Songkran 2017 di Bangkok ya ada konsernya Jonas Blue secara diriku lagi suka-sukanya dengerin lagunya.

So beli tiket Malaysia Airline PP, book penginapan, siap dah. Oh ya jangan lupa bagi yang belum punya tas anti air, tempat penyimpanan HP/ passpor/ dompet anti air atau casing HP anti air, mending beli yah, karena nggak mau kan isi tas basah termasuk HP.

Sengaja pilih hotel yang dekat dengan daerah Silom (pusat Songkran), soalnya kalo nginap di Silom benar bener bisa basah kena siram air, tembakan air so ya nginapnya agak menjauh dikit lah. Biar keringan dikit hehehe.

Karena Malaysia airline landednya di Suvarnabhumi airport, benernya bisa naik airport link ke Nongsi BTS. Cuman karena landed dah malam, pas sampai di bandara, langsung beli kartu SIM Card GSM harganya 299 Bath (untuk 7 days). Jadi untuk nemuin tempat penjualan Simcard di bandara ini gampang banget, jadi abis keluar dari imigrasi, tinggal turun 1 lantai cari saja stand stand yang banyak di keruminin orang. Tinggal antri deh, dan pelayanan counter counter penjualan HP sih kece banget.

Apa perlu bawa bath dari Indonesia? ya silahkan saja, tapi seandainya nggak bawa Bath, cukup bawa kartu Debit ATM tinggal tarik tunai Bath dari ATM saja, lebih mudah paling cuman kena biaya 45.000 sekali tarik. Jangan tukar USD ke Bath di money changer yang di bandara ya karena ratenya kecil banget, mending tarik tunai di ATM.

Setelah beli dan pasang tuh SIM Card, cusss order taxi bandara, caranya keluar dari bandara, cuss pilih mau naik taxi model apa, ada yang model taxi regular, ada taxi combo dsb, yah standart pake taxi yang sedan regular saja, tinggal pilih di layar sentuh, ntar keluar deh print kertas yang ada tulisan lane berapa, semisal lane 9 ya kita harus jalan ke lane 9, nah ntar disitu ada taxinya, tinggal kasih struk nya ke supir taxi, sebutkan mau kemana, dari Bandara ini ke Hotel bayar 500 Bath. (ya kalo di kurs in sekitar 200.000)

Boleh dibilang pusat Songkran memang di Silom, di pinggir jalan, orang orang sudah siap dengan ember berisi air, dengan senapan air, malah ada yang pake selang loh, selain main air, disemprot air, tembak tembakan air, mereka juga meluburi badan atau pipi kita pake serbuk putih gitu, nggak tau namanya apa.

Songkran sendiri merupakan tahun baru Thailand, jadi kebanyakan penduduk asli mudik ke kampung halaman, jadi nggak di bangkok, mereka pulang kampung untuk menemui orang tua mereka, dan keluarga besar mereka.

Perihal tradisi water splash yang diadakan tiap tanggal 13-15 April itu merupakan simbol pemberkatan dan pembersihan diri, itu kalo nggak salah ya hehehehe. Dan kita tidak boleh marah jika kita ditembak air, disiram air pake Ember, ya itulah tradisi yang ada di Thailand. Tidak heran banyak sekali turis yang datang ke Bangkok untuk ikut kemeriahan Songkran Festival. Dan yang lebih surprise, selama di Songkran lebih di dominasi Turis China dan Vietnam ya walau ada juga dari Malaysia cuman yang lebih surprise sih yang dari Vietnam yaks.

Untuk liburan kali ini, memang tujuannya untuk Songkran, bukan untuk belanja, apalagi belanja ke Chatuchak, watpo, pagoda, river dsb. Karena sudah pernah mengunjungi obyek wisata tersebut, jadi memang niatnya bener bener water splash.

Celana pendek, kaos putung, kacamata, pelindung HP anti air, sandal jepit, yah dibuat senyaman mungkin yaks.
d3
D5
D9

Jadi untuk Songkran yang di Silom diadakan dari tanggal 13-15 April yaks, biasa mulai rame dari jam 5 sore sampai jam 7 malam.
D10

Kalo bosan, bisa ke tempat tempat lain, banyak mall mall yang juga menyelenggarakan party.
d2
D4
D8

Nah memang untuk liburan kali ini, diriku tidak menggunakan MRT, lebih pake UBER atau GRAB, kebetulan kalo naik grab ada promo code: SONGKRAN dapat potongan 50 Bath, jadi murah banget. So kemana mana gak usah ribet, lebih mudah sekarang. Nggak takut nyasar pulak.

Tantangan berlibur di Bangkok ya satu kendala Bahasa, tapi so far dengan adanya Uber/Grab, dan rata rata supir nya dan bisa bahasa inggris walau sangat terbatas.

Nah kalo kita nggak mau basah, ya pake uber atau Grab, jadi kan kalo ditembak yang kena mobilnya bukan kitanya hehehehe dan kalo naik Tuk Tuk, tarifnya biasanya lebih mahal dari taxi, kebayangkan naik tuk tuk yang kebuka, nggak ber-AC dan kena tembakan air, apalagi tuh supir tuk tuk kalo nyetir kayak nyawanya ada 10 alias kenceng banget hehehehe. So thanks a lot buat Grab dan Uber yang memang kece banget. Untuk Taxi Resmi, jarang banget yang pake meteran ya, biasanya nego gitu, jadi memang lebih baik pake Uber atau Grab ya.

Diriku lebih banyak ke party party yang diadakan di hotel. Ya ada Pool Party, Foam Party, Music Party, dsb. Sebenarnya banyak pilihan di Bangkok. Dari yang wow ampe WOW banget hehehe, ya untuk kalangan ‘DEWASA” hehehe. Jadi kalo foto foto, nggak banyak yang bisa di share, ntar bisa di banned hehehehehe. Jadi cukup untuk di simpan pribadi.

D6
D7
d1

Rencana awal sih balik tanggal 16 April 2017, namun karena satu lain hal, akhirnya Extend 1 hari, jadinya balik tanggal 17 April 2017. Oh ya Berangkat naik Malaysia Airline, balik naik Thai Airways. Sesuaikan budget saja, mau naik pesawat apa, kalo naik Air Asia turun dan berangkatnya di Bandara Don Muang. Jangan sampai salah bandara ya karena ada dua bandara di Bangkok. Kalo Don Muang tidak ada airport Link, yang nyambung ke MRT atau BTS.
Jadi perhatikan tiket penerbangan ya, detailnya berangkat dan mendarat di Bandara apa ya.

So far enjoy sih liburan ke Bangkok pas Songkran, semoga bisa ke Bangkok lagi tahun depan untuk Songkran 2018.

Amien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *